tuan SieHoTang Kecil menulis:

Grand Opening semester genap T.A. 2008/2009 diadakan pada hari Senin, 16 Februari 2009 pukul 09.00 WIB di Auditorium PI Del. Grand Opening ini dihadiri oleh seluruh mahasiswa, Dosen dan Wakil Direktur.

Pada acara Grand Opening ini, Direktur PI Del, Dr. Inggriani Liem berhalangan hadir berhubung karena pada saat yang bersamaan beliau mengikuti survey tanaman obat-obatan bersama beberapa tamu dari Staf Menristek dan Dexa Medica yang berhubungan dengan program Biotek/Phytopharmaka.

Ada beberapa hal yang bisa diambil dari pengarahan yang diberikan oleh Bpk.Herry Pasaribu (Wakil Direktur PI Del), yaitu :

01. Beliau menanyakan apakah kita (para mahasiswa) memiliki tujuan?.Terserah, tujuannya apa…
aku sedikit bingung tentang pertanyaan itu, tapi beberapa saat kemudian aku jadi ngerti maksudnya.

02. Beliau memberikan suatu cerita,

Coba Anda bayangkan, Anda sedang disuruh oleh dosen Anda untuk pergi ke suatu daerah, nama daerah tersebut dinamakan daerah E. Mungkin dengan bertanya-tanya, kita tetap pergi kesana karena yang menyuruh adalah dosen kita sendiri :) . Tetapi ketika ditengah jalan, katakanlah nama untuk mencapai daerah E, kita harus melewati daerah A, B, C, D. Ketika kita melewati daerah A, kita melihat teman kita disana dan kita dipanggil, Ya kita mau aja diajak teman untuk sekedar minum sama, kemudian kita melanjutkan perjalanan. Kita melewati daerah B, didaerah B ada kegiatan Sirkus, karena tertarik dan sudah memperhitungkan waktu yang akan habis jika menonton permainan sirkus, ya kita mau saja menontonnya. Demikian seterusnya ketika melewati daerah C, dan D. Waktu kita jadi lebih lama bahkan mungkin jadi tidak ke tempat tujuan jadinya.

Bandingkan dengan cerita seperti ini :

Anda disuruh oleh dosen Anda untuk pergi ke suatu daerah, nama daerah tersebut dinamakan daerah E.

Anda berangkat jam 08.00 WIB dan Anda harus tiba disana pukul 10.00 WIB. Tidak boleh telat sedikitpun dan disana telah ada seseorang menunggu Anda. Dari tangan orang tersebut, mintalah sebuah tas hitam yang berisi uang sebesar Rp 100 juta,-. Arahan tersebut sangat jelas dan terarah.

cerita tersebut menggambarkan aktivitas kita sehari-hari. Gak jarang, waktu kita terbuang begitu saja untuk urusan yang gak jelas.

03. Pertama, beliau bertanya kepada mahasiswa mengenai rencana kita (para mahasiswa) 10 tahun mendatang apa??

Kedua, beliau kembali menanyakan rencana kita apa, tapi dalam kurun waktu 5 tahun

Ketiga, beliau menanyakan rencana yang akan kita lewati dalam 3, 2, 1 tahun bahkan dalam 1 semester.

Apa yang bisa kita ambil dari pertanyaan itu adalah :

Bahwa untuk menentukan kita sukses dalam 10 tahun kedepan adalah dimulai dari hari ini. Kita diajak untuk bisa melakukan hal-hal kecil, dimana nantinya hal-hal kecil tersebut akan bisa menjadi besar dan sangat besar.

Tiap hari, kita harus punya target yang harus kita selesaikan. Jika target hari ini tidak selesai, akan sangat disayangkan. Bagus kalau target yang tidak selesai tersebut dilimpahkan ke esoknya tanpa mengganggu waktu untuk menyelesaikan target hari itu juga.

Tapi, klo target tersebut tidak terselesaikan juga esoknya berarti kita masih berhutang untuk SATU target itu. Itu masih satu target, bagaimana lagi dengan target-target lainnya…

Pertanyaan yang sangat memacu aku (dalam hatiku)

04. Kemudian beliau memberikan 1 cerita lagi.

Ada 3 ekor kucing diatas sebuah meja dan ada sebuah ikan asing di lantai (dibawah meja tersebut). 2 ekor kucing ingin memakan ikan asin tersebut. Berapa ekor kah jumlah kucing yang ada diatas meja tersebut sekarang?

Jawabannya : tetap 3 ekor kucing,
kenapa??
Karena, 2 ekor kucing tersebut masih dalam konteks “ingin”, tetapi belum melakukan sama sekali.
Memang, klo sudah ada keinginan itu sudah bagus tapi kalo tidak ada usaha, sama saja hasilnya 0 (nol besar).